SELAMAT DATANG DI MADING ONLINE JMM

Rabu, 01 Agustus 2012

SYARAT DAN KETENTUAN KOMPETISI MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF


1.    LINGKUP LOMBA
Dunia pendidikan  di Indonesia selalu mengalami inovasi, baik kurikulum yang digunakan, model-model dan strategi-strategi pembelajaran untuk meningkatkan minat dan respon siswa dalam mengikuti pembelajaran agar kualitas pendidikan  di tanah air semakin mengalami progress yang signifikan.
Kemajuan  ilmu pengetahuan dengan alat-alat teknologi yang semakin canggih di dunia membuat pendidikan di Indonesia tidak boleh ketinggalan agar mutu pendidikan di negara ini tidak jauh ketinggalan dengan negara maju lainnya.
Pemerintah pun mulai mendorong sekolah-sekolah menggunakan fasilitas multimedia sebagai alat bantu pembelajaran. Multimedia Pembelajaran adalah media pembelajaran yang menggabungkan dua unsur atau lebih media yang terdiri dari teks, grafis, gambar, foto, audio, video, dan animasi secara terintegrasi dan interaktif sehingga dapat berfungsi sebagai alat bantu guru dalam mengajar dan sebagai aplikasi/software belajar mandiri bagi siswa.
Bagi Guru Multimedia Pembelajaran adalah bukan merupakan hal yang asing lagi. Dengan Perkembangan Teknologi Informasi sekarang ini Guru Sangat dipermudah dalam membuat media  Pembelajaran berbasiskan interaktif audio visual. Tidak hanya bagi siswa di sekolah, mahasiswa juga sudah tidak asing dengan teknologi ICT ketika di perkuliahan. Dengan alat bantu ini diharapkan mampu menarik minat siswa dalam mempelajari suatu materi atau mampu menstimulus siswa, mampu mengikuti kemajuan Teknologi informasi, membantu pemahaman siswa mempelajari suatu materi dengan ilustrasi, gambar,video atau animasi di rumah, mempermudah guru dalam melakukan pengajaran di kelas paralel dan satu lagi menumbuhkan tradisi pembelajaran yang inovatif dan kreatif.

2.  TEMA
Menumbuhkan  Kultur  Pembelajaran  Inovatif dan Kreatif Melalui Kompetisi Media Pembelajaran Matematika Berbasis Multimedia Pembelajaran Interaktif  yang kreatif, inovatif , bermakna  dan  berkarakter  Bagi Mahasiswa Calon Guru Matematika Se- Kota Semarang”.

3.   KRITERIA PESERTA LOMBA
a.   Terdaftar sebagai Mahasiswa negeri atau swasta Jurusan Matematika (Pendidikan / murni) yang berada di Kota Semarang yang dibuktikan dengan fotokopi KTM.
b.   Karya yang diikutsertakan belum pernah menjadi juara I pada lomba media pembelajaran  pada tingkat provinsi maupun nasional.
c.   Peserta belum pernah menjadi juara I pada lomba serupa di KOMED PERMATA.
d.   Karya multimedia pembelajaran Interaktif  yang diajukan adalah karya individu.
4.  PERSYARATAN PESERTA
a.        Syarat Administrasi
1)           Peserta mengisi dan melengkapi formulir lomba.
2)           Membuat pernyataan bermaterai yang menyatakan bahwa karya adalah original dalam ide dan kreasi.
3)            Karya lomba tidak mengandung unsur SARA.
4)           Semua karya Multimedia Pembelajaran Interaktif yang diterima panitia menjadi hak HIMATIKA IKIP PGRI Semarang.
5)           Panitia penyelenggara lomba tidak diperkenankan menjadi peserta.
6)           Melampirkan fotokopi KTM yang masih berlaku 1 lembar.
7)           Mengirimkan pas foto ukuran 3x4 (warna) sebanyak 3 lembar. (foto bebas tapi sopan).
8)           Membayar biaya pendaftaran :
Mahasiswa IKIP  sebesar Rp 25.000,-
Mahasiswa Luar  sebesar Rp 40.000,-

b.     Syarat Karya Media Pembelajaran
1)           Setiap peserta hanya dapat mengirimkan 1 karya.
2)           Materi/bahan ajar yang dikembangkan adalah salah satu KOMPETENSI DASAR mata pelajaran Matematika (materi bebas).
3)           Karya yang menggunakan bahasa pemograman harus menyertakan source .
4)           Karya disajikan dengan bahasa pengantar bahasa yang baku.
5)           Karya yang dikumpulkan dikemas dalam kepingan CD dan harus dapat dijalankan (autorun) pada spesifikasi komputer yang standar.
6)           Karya yang telah dikemas dalam bentuk CD dikumpulkan ke panitia rangkap 2.
7)           CD yang dikumpulkan diberi  sampul dan identitas yang memuat subpokok materi, nama peserta,instansi dan print out(cara penggunaan).
8)           Prin out cara penggunaan diketik 1,5  spasi dengan Bahasa Indonesia yang baik dan benar  di kertas A4 (Time New Roman 12).
9)           Apabila dalam pembuatan media, peserta perlu mencuplik karya orang lain sebagai referensi/bahan pelengkap sajian, maka peserta harus mencantumkan sumber cuplikan tersebut.
10)     Memuat logo Universitas masing-masing.
11)     Durasi presentasi karya maksimal 15 menit.

5.     DISKUALIFIKASI
a.      Panitia berhak mendiskualifikasi peserta yang terbukti melanggar hak cipta dan kekayaan intelektual.
b.     Panitia berhak mendiskualifikasi peserta yang terbukti pernah mempublikasikan atau melombakan hasil karya berupa media pembelajaran  yang sama sebelumnya.
c.      Panitia berhak mendiskualifikasi jika data peserta tidak lengkap.
d.     Panitia berhak mendiskualifikasi jika peserta mengambil logo,gambar,atau konten apapun yang melanggar hak cipta orang lain tanpa menyatakan sumbernya.


6.  TAHAPAN LOMBA
No
Hari / tanggal
Agenda
Tempat
1
1  September 2012-20 Oktober 2012
Pendaftaran dan Penerimaan karya lomba  pukul 08.00-15.00 WIB
Panitia Lomba KOMED PERMATA
2
21 Oktober 2012
Seleksi Administrasi (ceck kelengkapan peserta)
Gedung Seminar Lantai II GU
3
27 Oktober 2012
Presentasi oleh  50  mahasiswa dan penetapan 12 pemenang  Tahap II
GU 405, GU 304
4
28 Oktober 2012
Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif  secara langsung dan penetapan 3 pemenang Tahap Final
LAB KOM 3
5
28 Oktober 2012
Upacara Penutupan dan Penyerahan Hadiah bagi Pemenang
GU ruang Seminar

7.  HADIAH DAN PENGHARGAAN
Hadiah dan penghargaan bagi peserta yang karyanya sudah dinilai sesuai pedoman dan kriteria penjurian maka hadiah dan penghargaan bagi pemenang ditetapkan sebagai berikut :
à    Juara I : mendapatkan Trophy, Uang Pembinaan, dan piagam penghargaan.
à    Juara II : mendapatkan Trophy, uang pembinaan,  dan piagam penghargaan .
à    Juara III : mendapatkan Trophy, uang pembinaan sebesar, dan piagam penghargaan
à    Peserta  lainnya akan mendapatkan sertifikat dan merchandise KOMED PERMATA.

8.  PROSEDUR PENDAFTARAN
à  Peserta mengisi formulir dan surat pernyataan yang dapat diunduh di BLOG HIMATIKA yaitu madingjmm.blogspot.com.
à  Peserta KOMED PERMATA mengirimkan karya yang dilombakan dalam keping CD (dikopi 2 keping) disertai formulir pendaftaran, surat pernyataan bermaterai, print out cara penggunaan media ke alamat panitia dimasukkan ke dalam amplop berwarna coklat dengan diberi logo universitas masing-masing.
9.  SISTEM PENILAIAN
à  Kemudahan pengguanaan media  (20%)
à  Kecocokan dengan tema (kelengakapan materi) (30%)
à  Desain/layout (warna dan posisi) (30%)
à  Inovasi (originalitas dan kreatifitas) (20%) 

10.           KETENTUAN LAIN
à  Keputusan juri tidak dapat diganggu gugat.
à  Panitia tidak memberikan fasilitas penginapan bagi yang bertempat tinggal jauh dari area kampus IKIP PGRI Semarang.
à  Seluruh hasil karya yang telah dikirimkan menjadi hak milik panitia
sebagai bagian dari dokumentasi.

11. SEKRETARIAT PANITIA LOMBA
Sekretariat Panitia Lomba Kompetisi  Media Pembelajaran Matematika IKIP PGRI SEMARANG di Basecamp Himatika Gedung PKM Lantai 2 atau Stand Pendaftaran KOMED PERMATA
Jl. Lontar no.01 (Sidodadi Timur) Semarang
Telp.
Blog                  :         madingjmm.blogspot.com
Email / YM        :         himatikaikippgrismg@yahoo.com
SMS                  :         Nia  Shofiana   / 085742474536
                                   Siti Hasmah     /  085876310907

Tidak ada komentar:

Posting Komentar