1. LINGKUP LOMBA
Dunia
pendidikan di Indonesia selalu mengalami
inovasi, baik kurikulum yang digunakan, model-model dan strategi-strategi
pembelajaran untuk meningkatkan minat dan respon siswa dalam mengikuti
pembelajaran agar kualitas pendidikan di
tanah air semakin mengalami progress yang signifikan.
Kemajuan ilmu pengetahuan dengan alat-alat teknologi
yang semakin canggih di dunia membuat pendidikan di Indonesia tidak boleh
ketinggalan agar mutu pendidikan di negara ini tidak jauh ketinggalan dengan
negara maju lainnya.
Pemerintah
pun mulai mendorong sekolah-sekolah menggunakan fasilitas multimedia sebagai
alat bantu pembelajaran. Multimedia
Pembelajaran adalah media pembelajaran yang menggabungkan dua unsur atau lebih
media yang terdiri dari teks, grafis, gambar, foto, audio, video, dan animasi
secara terintegrasi dan interaktif sehingga dapat berfungsi sebagai alat bantu
guru dalam mengajar dan sebagai aplikasi/software belajar mandiri bagi siswa.
Bagi Guru Multimedia
Pembelajaran adalah bukan merupakan hal yang asing lagi. Dengan Perkembangan
Teknologi Informasi sekarang ini Guru Sangat dipermudah dalam membuat
media Pembelajaran berbasiskan
interaktif audio visual. Tidak hanya bagi siswa di sekolah, mahasiswa juga
sudah tidak asing dengan teknologi ICT ketika di perkuliahan. Dengan alat bantu
ini diharapkan mampu menarik minat siswa dalam mempelajari suatu materi atau
mampu menstimulus siswa, mampu mengikuti kemajuan Teknologi informasi, membantu
pemahaman siswa mempelajari suatu materi dengan ilustrasi, gambar,video atau
animasi di rumah, mempermudah guru dalam melakukan pengajaran di kelas paralel
dan satu lagi menumbuhkan tradisi pembelajaran yang inovatif dan kreatif.
2. TEMA
“Menumbuhkan Kultur
Pembelajaran Inovatif dan Kreatif Melalui Kompetisi Media Pembelajaran Matematika
Berbasis Multimedia Pembelajaran Interaktif
yang kreatif, inovatif , bermakna
dan berkarakter Bagi Mahasiswa Calon Guru Matematika Se- Kota
Semarang”.
3. KRITERIA
PESERTA LOMBA
a. Terdaftar sebagai Mahasiswa negeri atau swasta Jurusan Matematika (Pendidikan / murni) yang
berada di Kota Semarang yang
dibuktikan dengan fotokopi KTM.
b. Karya
yang diikutsertakan belum pernah menjadi juara I pada lomba media pembelajaran pada tingkat provinsi maupun nasional.
c. Peserta
belum pernah menjadi juara I pada lomba serupa di KOMED PERMATA.
d. Karya
multimedia pembelajaran
Interaktif yang diajukan adalah karya
individu.
4. PERSYARATAN PESERTA
a.
Syarat Administrasi
1)
Peserta mengisi dan melengkapi formulir lomba.
2)
Membuat pernyataan bermaterai yang menyatakan bahwa
karya adalah original dalam ide dan kreasi.
3)
Karya lomba tidak mengandung
unsur SARA.
4)
Semua karya Multimedia
Pembelajaran Interaktif yang diterima panitia menjadi hak HIMATIKA IKIP PGRI Semarang.
5)
Panitia
penyelenggara lomba tidak diperkenankan menjadi peserta.
6)
Melampirkan
fotokopi KTM yang masih berlaku 1 lembar.
7)
Mengirimkan
pas foto ukuran 3x4 (warna) sebanyak 3 lembar. (foto bebas tapi sopan).
8)
Membayar biaya
pendaftaran :
Mahasiswa IKIP sebesar Rp 25.000,-
Mahasiswa Luar sebesar Rp 40.000,-
b.
Syarat Karya Media Pembelajaran
1)
Setiap peserta hanya dapat mengirimkan 1 karya.
2)
Materi/bahan ajar yang dikembangkan adalah salah satu KOMPETENSI
DASAR mata pelajaran Matematika (materi
bebas).
3)
Karya yang menggunakan bahasa pemograman harus
menyertakan source .
4)
Karya disajikan dengan bahasa pengantar bahasa yang
baku.
5)
Karya yang dikumpulkan dikemas dalam kepingan CD dan
harus dapat dijalankan (autorun) pada spesifikasi komputer yang standar.
6)
Karya yang telah dikemas dalam bentuk CD dikumpulkan
ke panitia rangkap 2.
7)
CD yang dikumpulkan diberi sampul dan identitas yang memuat subpokok
materi, nama peserta,instansi dan print out(cara penggunaan).
8)
Prin out cara penggunaan diketik 1,5 spasi dengan Bahasa Indonesia yang baik dan
benar di kertas A4 (Time New Roman 12).
9)
Apabila dalam pembuatan media, peserta perlu mencuplik
karya orang lain sebagai referensi/bahan pelengkap sajian, maka peserta harus
mencantumkan sumber cuplikan tersebut.
10) Memuat logo Universitas
masing-masing.
11) Durasi presentasi karya maksimal 15 menit.
5. DISKUALIFIKASI
a. Panitia berhak mendiskualifikasi peserta yang terbukti
melanggar hak cipta dan kekayaan intelektual.
b. Panitia berhak mendiskualifikasi peserta yang terbukti
pernah mempublikasikan atau melombakan hasil karya berupa media
pembelajaran yang sama sebelumnya.
c. Panitia berhak mendiskualifikasi jika data peserta
tidak lengkap.
d. Panitia berhak mendiskualifikasi jika peserta
mengambil logo,gambar,atau konten apapun yang melanggar hak cipta orang
lain tanpa menyatakan sumbernya.
6. TAHAPAN LOMBA
No
|
Hari / tanggal
|
Agenda
|
Tempat
|
1
|
1 September 2012-20 Oktober 2012
|
Pendaftaran dan
Penerimaan karya lomba pukul 08.00-15.00 WIB
|
Panitia
Lomba KOMED PERMATA
|
2
|
21 Oktober 2012
|
Seleksi Administrasi
(ceck kelengkapan peserta)
|
Gedung
Seminar Lantai II GU
|
3
|
27 Oktober 2012
|
Presentasi oleh
50 mahasiswa dan penetapan 12 pemenang Tahap II
|
GU
405, GU 304
|
4
|
28
Oktober 2012
|
Pembuatan Media
Pembelajaran Interaktif secara
langsung dan penetapan 3 pemenang Tahap Final
|
LAB
KOM 3
|
5
|
28 Oktober
2012
|
Upacara Penutupan dan
Penyerahan Hadiah bagi Pemenang
|
GU
ruang Seminar
|
7. HADIAH DAN PENGHARGAAN
Hadiah
dan penghargaan bagi peserta yang karyanya sudah dinilai sesuai pedoman dan kriteria penjurian maka hadiah dan penghargaan bagi
pemenang ditetapkan sebagai berikut :
Ã
Juara I : mendapatkan Trophy, Uang Pembinaan, dan piagam
penghargaan.
Ã
Juara II : mendapatkan Trophy, uang pembinaan, dan piagam penghargaan .
Ã
Juara III : mendapatkan Trophy, uang pembinaan sebesar, dan piagam penghargaan
Ã
Peserta lainnya akan mendapatkan sertifikat dan merchandise KOMED PERMATA.
8. PROSEDUR PENDAFTARAN
Ã
Peserta mengisi formulir dan surat pernyataan yang dapat diunduh di BLOG HIMATIKA yaitu madingjmm.blogspot.com.
Ã
Peserta KOMED PERMATA
mengirimkan karya yang dilombakan dalam keping CD (dikopi 2 keping) disertai
formulir pendaftaran, surat pernyataan bermaterai, print out cara penggunaan
media ke alamat panitia dimasukkan ke dalam amplop berwarna coklat dengan
diberi logo universitas masing-masing.
9. SISTEM
PENILAIAN
à Kemudahan
pengguanaan media (20%)
à Kecocokan
dengan tema (kelengakapan materi) (30%)
à Desain/layout
(warna dan posisi) (30%)
à Inovasi
(originalitas dan kreatifitas) (20%)
10.
KETENTUAN
LAIN
Ã
Keputusan
juri tidak dapat diganggu gugat.
Ã
Panitia tidak memberikan
fasilitas penginapan bagi yang bertempat tinggal jauh dari area kampus IKIP
PGRI Semarang.
Ã
Seluruh hasil karya yang telah dikirimkan menjadi hak
milik panitia
sebagai bagian dari dokumentasi.
sebagai bagian dari dokumentasi.
11. SEKRETARIAT PANITIA LOMBA
Sekretariat Panitia Lomba Kompetisi Media Pembelajaran Matematika IKIP PGRI
SEMARANG di Basecamp Himatika Gedung PKM Lantai 2 atau Stand Pendaftaran KOMED
PERMATA
Jl. Lontar no.01 (Sidodadi Timur) Semarang
Telp.
Blog : madingjmm.blogspot.com
SMS : Nia Shofiana
/ 085742474536
Siti
Hasmah / 085876310907
Tidak ada komentar:
Posting Komentar